MANDAU Dayak

penjelasan dan ulasan mengenai mandau dayak
gambar dari:wikipedia.com

"Mandau" apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar kata Mandau?, mungkin kebanyakan dari kita langsung terpikir "suku dayak" ya,, untuk orang Indonesia, Malaysia, dan Brunei, pasti tidak asing dengan kata atau sebutan Ini.

Mandau adalah salah satu senjata tradisional masyarakat suku dayak Kalimantan, mandau adalah senjata tajam sejenis parang namun berbeda dengan parang biasa pada umumnya, mandau memiliki ukiran-ukiran unik pada bilah yang tumpul, biasanya ini bertujuan mempercantik atau memperindah senjata ini, namun setiap ukiran pasti mmiliki makna tersendiri.

tahukah anda? mandau pada masyarakat suku dayak di kalimantan, memiliki bentunk  dan ukuran, serta ukiran yang berbeda-beda dari setiap suku atau sub suku dayak disana, memang secara sekilas kita melihat mandau memiliki bentuk yang sama, namun jika kita perhatikan lebih detail pasti ada perbedaan dari setiap suku, hal ini dikarenakan dari setiap sub suku dayak yang diperkirakan lebih dari 405 sub suku disana memiliki karakteristik yang khas namun tidak signifikan.

menurut rajanya artikel wikipedia.com, kata mandau berasal dari kata Mando dari kalimantan tengah, yang terdiri dari dua suku kata yaitu "Man dan do".  man diambil dari kata "kuman" yang artinya "Makan", sedangkan do diambil dari kata "dohong" yaitu pisau belati khas kalimantan tengah, jadi secara hafalan "makan dohong" maksudnya senjata yang mengalahkan dohong yang merupakan senjata terawal milik suku Nganju kalimantan tengah. namun ada juga versi lain yang mengatakan bahwa kata mandau diambil dari nama orang pertama yang datang ke pulau kalimantan dan membuat senjata tajam menyerupai pedang, ada juga yang menganggap kata mandau diambil dari sebuh nama tempat, dan masih banyak versi lain yang mengartikan kata mandau, namu terlepas dari mana asalnya kata mandau atau mando kata umum yang digunakan untuk menyebut senjata tradisional dayak ini adalah kata MANDAU. dan setiap daerah menterjemahkan kata ini sesuai dengan versi dari leluhurnya masing-masing dengan dihiasi cerita dibalik kata MANDAU.

Jadi kesimpulannya: Mandau adalah sebutan untuk senjata tradisional Suku Dayak kalimantan yang menyerupai parang atau pedang yang juga merupakan ciri khas Dari Suku Dayak itu sendiri, kata Mandau juga merupakan sebutan secara Lokal, Nasional dan Internasional, serta secara Ilmiah Kata Mandau belum bisa dipastikan diambil dari Mana, namun secara filosofis, masyarakat adat mengartikan kata mandau sesuai dengan cerita turun temurun leluhur masing-masing sub suku Dayak di Kalimantan.
demikianlah penjelasan tentang Mandau Dayak, jika ada kekurangan, atau kelebihan kata-kata penulisan, saya mohon maaf, dan silahkan beri masukan kritik dan saran, jika ada yang perlu ditambahkan atau dikurangi, mari kita mulai memperkenalkan Budaya pada Dunia, dan Melestarikannya, Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat. {ttd:"EA"}

Related Posts

MANDAU Dayak
4/ 5
Oleh
1 Komentar untuk "MANDAU Dayak"

Sia Titanium | Shop - Tioga Engineering Inc.
Tioga Engineering Inc. is babyliss pro nano titanium hair dryer a company titanium earrings that titanium price per pound offers titanium grades engineering engineering products for SIA and its partners. 2017 ford fusion energi titanium Tioga Technology develops engineering tools and