ini dia asal usul nama kalimantan

asal usul nama pulau kalimantan
pulau Kalimantan dari google map

      postingan kali ini kita akan membahas kalimantan secara keseluruhan, kita akan membahas nama kalimantan itu sendiri, mungkin kata kalimantan sudah tidak asing lagi bagi kita orang Indonesia, Malay, Brunei dan Negara tetangga lainya, bahkan dunia tahu pulau kalimantan adalah pulau terbesar ke 3 di dunia, namun nama kalimantan itu sendiri masih banyak yang tidak mengetahuinya,  dia asal usul nama kalimantan menurut beberapa sumber berikut bisa menjelaskan dari mana asal usul nama kalimantan itu sendiri.


asal usul nama kalimantan: menurut Wikipedia.org
Asal-usul nama Kalimantan tidak begitu jelas. Sebutan kelamantan digunakan di Sarawak untuk menyebut kelompok penduduk yang mengonsumsi sagu di wilayah utara pulau ini

asal usul nama kalimantan:  Menurut Crowfurd,
         kata Kalimantan adalah nama sejenis mangga (Mangifera) sehingga pulau Kalimantan adalah pulau mangga, namun dia menambahkan bahwa kata itu berbau dongeng dan tidak populer. Mangga lokal yang disebut klemantan ini sampai sekarang banyak terdapat di perdesaan di daerah Ketapang dan sekitarnya, Kalimantan Barat.

asal usul nama kalimantan: Menurut C. Hose dan Mac Dougall, "Kalimantan" berasal dari nama-nama enam golongan suku-suku setempat yakni Iban (Dayak Laut), Kayan, Kenyah, Klemantan (Dayak Darat), Murut, dan Punan. Dalam karangannya, Natural Man, a Record from Borneo (1926), Hose menjelaskan bahwa Klemantan adalah nama baru yang digunakan oleh bangsa Melayu. Namun menurut Slamet Muljana, kata Kalimantan bukan kata Melayu asli tapi kata pinjaman sebagai halnya kata Malaya, melayu yang berasal dari India (malaya yang berarti gunung).

"Kalamnthana", "Quallamontan" dan atau "K'Lemantan" 
     Pendapat yang lain menyebutkan bahwa Kalimantan atau Klemantan berasal dari bahasa Sansekerta, Kalamanthana yaitu pulau yang udaranya sangat panas atau membakar (kal[a]: musim, waktu dan manthan[a]: membakar). Karena vokal a pada kala dan manthana menurut kebiasaan tidak diucapkan, maka Kalamanthana diucap Kalmantan yang kemudian disebut kepada penduduk asli Klemantan atau Quallamontan yang akhirnya diturunkan menjadi Kalimantan. Terdapat tiga kerajaan besar (induk) di pulau ini yaitu Borneo (Brunei/Barune), Succadana (Tanjungpura/Bakulapura), dan Banjarmasinn (Nusa Kencana). Penduduk kawasan timur pulau ini menyebutnya Pulu K'lemantan, orang Italia mengenalnya Calemantan dan orang Ukraina : Калімантан.

asal usul nama kalimantan: menurut cerita rakyat kalbar: 
          pada mulanya pulau kalimantan tidak bernama, nama kalimantan diambil dari nama buah yang asli dari pulau tersebut, dan buah itu hampir menyerupai buah mangga, mempelam, rasanyapun hampir sama dengan buah mangga, tetapi bentuknya bulat dan aromanya sanggat berbeda dengan buah mangga, dan buah itu bernama kemantan, klamantan, kemantik, konon ceritanya buah ini sanggat banyak tersebar dipulau ini dan karena rasanya yang khas manis asam dan disukai masyarakat disana, asal buah kemantan, kemantik ini berasal dari hutan, tak ada yang menanamnya. pendek ceritanya, buah kemantan, kemantik ini hanya ada dipulau tersebut. jadi ini merupakan ciri khas pulau tersebut, dan masyarakat disanapun menyebut daerahnya dengan nama kalimantan. yang artinya tempat/sumbernya buah kemantan.

         kesimpulannya tidak ada yang tahu pasti siapa penggagas utama nama kalimantan, tidak jelas juga sumber nama kalimantan dan alasannya serta artinya, banyak versi banyak cerita yang berbeda-beda, dengan alasan yang berbeda-beda pula. walaupun demikian darimanapun asal namanya, siapapun orang yang memberi namanya. itu bukanlah masalah besar, yang pasti kita harus menjaga bumi Borneo atau kalimantan karena borneo atau kalimantan adalah milik kita INDONESIA, dan yang luar biasa lagi pulau kalimantan sudah dikenal dunia, berbanggalah kita Indonesia. karena sebagian besar atau 73% wilayah pulau borneo atau kalimantan masih milik kita (menurut wikipedia)  dan akan selalu menjadi milik kita. ayo kita jaga hutan kita, kita jaga kalimantan kita, ayo lestarikan bumi Indonesia. hehe
     namun ada masalah serius adalah ilegl loging masih saja terjadi, bahkan pembukaan lahan baru pun semakin menjadi, yang berdampak pada menipisnya hutan di kalimantan. semoga kita (manusia) bisa lebih bijak menyikapinya, dan semoga pemerintah memberi perhatian lebih dalam menyikapinya.
nah sekian postingan dari saya tentang asal usul nama pulau kalimantan atau biasa di sebut Borneo, semoga bermanfaat.

Related Posts

ini dia asal usul nama kalimantan
4/ 5
Oleh
0 Komentar untuk "ini dia asal usul nama kalimantan"