100+ manfaat dan khasiat bawang dayak

khasiat bawang dayak sembuhkan 100 lebih penyakit
bawang dayak: google image
Mengenal Bawang Dayak
orang mungkin belum begitu familiar dengan nama bawang dayak, tanaman satu ini yang dijuluki sebagai tanaman ajaib, obat herbal yang dipercaya berkhasiat mampu menyembuhkan 100 lebih penyakit, karena bawang dayak hanya tumbuh di daerah-daerah tertentu, namun bagi orang dayak atau orang kalimantan, mungkin kebanyakan sudah mengenal bawang dayak, karena bawang ini banyak tumbuh di daratan kalimantan.

bawang dayak adalah tanaman sejenis umbi-umbian, secara fisik bentuknya tidak jauh berbeda dari bawang merah, perbedaanan haya pada warna bawang dayak lebih merah menyala dan memiliki kulit yang licin dan juga memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dari bawang merah. bawang dayak juga disebut dengan sebutan bawang berlian, bawang tiwai, bawang lubak, bawang hantu, dan masih ada sebutan-sebutan lain oleh masyarakat khususnya orang dayak kalimantan.

didalam masyarakat suku dayak, bawang dayak sudah lama dikenal dan digunakan masyarakat suku dayak untuk mengobati bermacam-macam penyakit, seperti flu, batuk, sakit perut dll. lalu apa kandungan yang terdapat didalam bawang dayak?

Khasiat Bawang Dayak
bawang dayak dipercaya masyarakat suku dayak sebagai tanaman ajaib yang bisa mengobati berbagai macam penyakit, bahkan bawang dayak dipercaya bisa menyembuhkan semua jenis penyakit. mungkin hal itu yang membawa para peneliti untuk membuktikan khasiat dari bawang dayak.

menurut penelitian dan analisis kandungan seperti yang dikutip dari Depokpos.com,  mengatakan bahwa bawang dayak memiliki kandungan zat anti bakteri dan antioksidan yang sanggat tinggi sehingga mampu mengobati beragam penyakit baik penyakit ringan maupun penyakit yang berat sekalipun. Anti bakteri bisa mencegah berkembangnya bakteri, virus dan mikroba lainya sehingga menghentikan penularan penyakit. sedangkan antioksidan yang sanggat tinggi mampu menghadapi radikal bebas sehinga efektif sebagai pencegah kanker, pencegah randang, tumor dan pendarahan.

senyawa yang terkandung didalam bawang dayak atau bawang berlian ini antara lain senyawa aktif berupa Naphtoguinones beserta turunannya. kandungan tersebut yang membuat bawang dayak merupakan antibakteri alami yang ampuh dan dapat dijadikan sebagai pengobatan modern. Kandungan naphtoquinones tersebut juga menjadi salah satu zat aktif yang mampu mencegah kanker dan tumor. Penelitian ini memberikan alternatif pengobatan herbal terbaru.
berikut hasil penelitian Institut Pertanian Bogor:link


Bawang Dayak Bisa sembuhkan 100 lebih Penyakit
bawang dayak - seperti yang dikutip dari Tribun Kaltim menyebutkan "menurut indormasi, tanaman tersebut memberikan banyak manfaat, misalnya saja seorang peneliti peraih gelar doktor di Indonesia, menyebutkan ada lebih dari 100 Khasiat bawang dayak"

lalu apa saja 100 lebih khasiat bawang dayak itu dan penyakit yang bisa disembuhkan?
belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai apa saja 100 lebih khasat dari bawang dayak itu sendiri, namun disini penulis mendapat referensi dari internet bahwa bawang dayak berkhasiat bisa menyembuhkan 43 jenis penyakit berikut, dikutip dari Kabarnusa.com: menyebutkan bahwa bawang dayak dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit berikut:
1.Amandel
2.Ambeien
3.Asam Urat
4.Asma
5.Bisul
6. Bronkhitis
7. Darah Rendah
8. Diabetes Melitus
9. Epilepsi
10. Gangguan Pencernaan Lambung
11. Gangguan Seksual
12. Ginjal
13. Gondok
14. Hepatitis
15. Hipertensi / Darah Tinggi
16. Insomnia
17. Jantung
18. Kanker Kelenjar Getah Bening
19. Kanker Paru – Paru
20. Kanker Payudara
21. Kanker Rahim
22. Kanker Usus
23. Keputihan
24. Kista
25. Kolesterol
26. Maag
27. Migrain
28. Myom
29. Obat Muntah
30. Pelupa / Menurunnya Fungsi Ingatan
31. Peluruh Kemih
32. Pencahar
33. Prostat
34. Radang Usus
35. Rematik
36. Sakit Kuning
37. Sakit Perut
38. Sakit Pinggang
39. Stamina
40. Stroke
41. TBC
42. Vertigo
43. Vitalitas


itulah Khasiat Bawang dayak yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, yang dijuluki sebagai tanaman sejuta manfaat dan juga dijuluki sebagai bawang ajaib dayak, meski belum ada penelitian mendalam mengenai manfaat dari bawang dayak ini dan cara terbaik untuk mengolah tanaman ajaib ini, tetapi sudah banyak yang mencoba membuktikan khasiat dari bawang dayak tersebut, dan tidak sedikit yang berhasil sembuh dari penyakitnya berkat mengonsumsi atau menggunakan bawang dayak sebagai pengobatan herbal/tradisional, untuk melihat cerita kesembuhan dari beberapa orang yang mengonsumsi bawang dayak ini, anda bisa mencarinya di internet, sudah banyak yang menceritakan manfaat yang didapat dari bawang dayak. 


Olahan Bawang Dayak dan Cara konsumsi
ada banyak cara mengolah dan mengkonsumsi bawang dayak, berdasarkan beberapa referensi dari internet, pengolahaan bawang dayak sangatlah beragam, ada yang mengolah dalam bentuk ekstrak, ada juga yang membutnya dalam bentuk irisan bawang yang sudah dikeringkan, dan cara konsumsi bawang dayak ini adalah memanfaatkan air rebusan dari bawang dayak, namun tak menutup kemungkinan di konsumsi langsung, karena pada dasarnya bawang dayak bisa di kreasikan sesuai selera, untuk air rebusan bawang dayak, aroma dan rasa bawang dayak mirip dengan bau kacang tanah, ini yang membedakan dengan bawang pada umumnya.

Budidaya Bawang Dayak
Sejatinya bawang dayak tetap akan tumbuh walau hanya diletakkan seperti itu saja. Karena tanaman ini sebenarnya adalah tanaman yang bisa tumbuh liar dan juga bawang dayak tahan terhadap hama. Tentu saja, hal ini juga tujuan penanaman bawang dayak untuk kebutuhan pribadi. Bawang dayak (Eleutherine americana) bisa dikembangkan di daerah dataran tinggi maupun rendah. Sama seperti bawang pada umumnya, bawang dayak juga dikembangkan dari umbi. Sama seperti bawang merah, bawang dayak juga perlu dibuatkan bedengan terlebih dahulu supaya akar dan umbi bawang tidak tergenang air dan menjadi busuk.  Karena itu, tanaman ini tumbuh subur dan lebih maksimal saat dimusim kemarau. nah sekarang apakah anda berminat untuk mengkonsumsi bawang dayak dan ingin membudidayakannya? jika iya, anda bisa mencari referensinya di internet.

Dimana Saya bisa mendapatkan Bawang Dayak?
jika anda ingin mencoba pengobatan herbal menggunakan bawang dayak, anda bisa membelinya dari pengolahnya, karena sudah sangat banyak yang menjualnya baik itu secara Online maupun Offline, dan jika anda berminat untuk membudidayakannya, kami sarankan untuk terjun langsung kelapangan, anda bisa langsung menemui produsen-produsennya di kalimantan.

dan untuk yang ingin memberi referensi penjualan bawang dayak, silahkan komentar dibawah, agar pengunjung postingan ini bisa melihat, jasa penjualan bawang dayak anda.

sekian pembahasan mengenai sejuta manfaat dari bawang dayak, yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, semoga postingan ini bermanfaat untuk anda. terima kasih.

Sumber: berbagai sumber pemberitaan terpercaya.

Related Posts

100+ manfaat dan khasiat bawang dayak
4/ 5
Oleh
0 Komentar untuk "100+ manfaat dan khasiat bawang dayak"